Senin, 02 Maret 2020


Soal Seni Budaya

SMK 


1.    Kegiatan untuk mengerti, memahami, mengayati, menghargai, dan mencintai karya seni dengan menganalisa dan memberikan tanggapan terhadap karya seni disebut ….
a. konsultasi
b. apresiasi
c. komunikasi
d. eksplorasi
e. dramatisasi

2.    Alasan nilai estetik menjadi nilai yang paling sering muncul dalam apresiasi seni budaya adalah …
a.   Kepekaan seseorang terhadap nilai- nilai estetik
b.   Masyarakat memiliki norma estetik tersendiri 
c.   Tanpa nilai estetik seseorang sulit mengapresiasi seni budaya
d.   Estetik merupakan nilai tertinggi yang ada dalam diri manusia
e.   Tngginya nilai estetik dalam berbagai bentuk karya seni budaya

3.  Karya seni rupa yang selain memiliki fungsi estetik juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dIsebut karya seni rupa ....
A. Murni
B. Terapan
C. Fine Art
D. Visual Art
E. Artificial

4. Berikut ini merupakan karya seni rupa murni terapan, kecuali ....
A. Kursi ukir
B. Tikar anyaman
C. Kaca hias
D. Lukisan
E. Pot bunga dari gerabah

5. Berdasarkan pendekatannya apresiasi terbagi menjadi dua , yaitu …
A. pasif dan aktif
B. fleksibel dan pasif
C. Fleksibel dan kaku
D. Aktif dan fleksibel
E. Aktif dan kaku

6. orang yang turut serta aktif dalam kegiatan seni, tetapi mereka tidak menciptakan karya seni secara langsung disebut ...
A.  Apresiasi pasif
B.  Apresiasi aktif
C.  Apresiasi fleksibel
D.  Apresiasi kaku
E.   Apresiasi nomaden

7. Nilai estetik menjadi nilai yang paling sering muncul dalam apresiasi seni budaya, karena …
A. sifat orang yang cenderung peka terhadap nilai estetik
B. tidak memiliki nilai estetis dalam diri
C. Acuh terhadap bentuk karya seni
D. Bentuk karya seni yang monoton
E. Tidak paham akan karya seni

8. Melalui apresiasi penikmat seni memperoleh pengalaman …
A. Keindahan
B. Keindahan dan dapat menilai karya seni
C. Ketenangan
D. Emosional yang menggebu
E. Belajar dari awal

9. Setelah seseorang mengapresiasi karya seni, setelahnya langsung mencari informasi mendalam tentang proses pembuatan bahkan ikut terjun langsung dalam membuat karya seni termasuk kedalam …
A. Apresiasi pasif
B.  Apresiasi aktif
C.  Apresiasi fleksibel
D.  Apresiasi kaku
E.   Apresiasi nomaden

10. Proses dalam Apresiasi aktif melahirkan dua pendekatan, antara lain …
A. Pendekatan aplikatif dan kesejarahan
B. Pendekatan Aplikatif dan pasif
C. Pendekatan Kesejarahan
D. Pendekatan Aplikatif
E. Pendekatan Aktif dan Pasif

11. Pendekatan dengan cara menelusuri asal usul dan sisi sejarah disebut pendekatan apresiasi …
A. Pasif
B. Fleksibel
C. Emosionalitas
D. Kesejarahan
E. Kesabaran

12. Jenis Apresiasi menurut tingkatannya terbagi menjadi tiga, yaitu …
A. Apresiasi Empatik, Estetis dan Kritik
B. Apresiasi Pasif dan Aktif
C. Apresiasi Aplikatif dan kesejarahan
D. Apresiasi Empatik, Estetis dan Aktif
E. Apresiasi Empatik, Aplikatif dan Aktif

13. Upaya dalam penilaian terhadap suatu bentuk karya seni melalui pengamatan dan penghayatan disebut …
A. Apresiasi Empatik
B. Apresiasi Estetis
C. Apresiasi Kritik
D. Apresiasi fleksibel
E. Apresiasi Emosional

14. Apresiasi yang tidak hanya terbatas atas bagus atau tidaknya sebuah karya, namun memberi masukan, saran dan evaluasi terhadap suatu karya yang biasanya dilakukan oleh kritikus seni termasuk kedalam …
A. Apresiasi Empatik
B. Apresiasi Estetis
C. Apresiasi Kritik
D. Apresiasi fleksibel
E. Apresiasi Emosional

15. Seseorang yang melakukan kritik terhadap karya seni disebut …
A. Seniman
B. Kritikus
C. Pengamat
D. Pelukis
E. Pematung

16. Ada empat tahapan apresiasi seni budaya , yakni …
A. Deskripsi, Analisis, Interpretasi, Penilaian
B. Deskrpisi, Aktif, Pasif, Empatik, Penilaian
C. Aktif, Pasif
D. Penilaian, Interpretasi, pasif, aplikatif
E. Aplikatif, Aktif, Empatik

17. Tahapan paling akhir dalam apresiasi seni adalah …
A. Penilaian
B. kesimpulan
C. Evaluasi
D. Deskripsi
E. Analisis

18. Pelukis yang cenderung melukis potret wanita cantik dan ditunjuk sebagai pelukis istana pada masa pemerintaha presiden soekarno dan soeharto adalah …
A. Afandi
B. Basoeki Abdullah
C. Rembrandt
D. Rudolf Bonet
E. Picaso

19. Patung tertinggi yang ada di Bali dan digadang- gadang melebihi tinggi patung liberty yang diarsiteki oleh seniman patung Nyoman Nuarta adalah …
A. Patung krisna
B. Patung Dewi Saraswati
C. Patung Ganesha
D. Patung Garuda Wisnu Kencana
E. Patung Dewa Siwa

20. Tari Oleg Tamulilingan diciptakan oleh maestro I Ketut Maria dari 
A. Gianyar
B. Negara
C. Jimabaran
D. Denpasar
E. Tabanan

21. Dalam sejarah peradaban manusia bentuk atau wujud seni rupa awal yang paling sering muncul adalah …
A. Seni bangunan, patung dan lukisan
B. Seni teater
C. Seni Musik
D. Seni Suara, teater dan music
E. Seni tari dan suara

22. Berdasarkan pusat kelahiran seni rupa, dapat dikelompokkan menjadi dua arus …
A. Seni rupa barat dan timur
B. Seni rupa selatan dan timur
C. Seni rupa timur dan tenggara
D. Seni Rupa Tenggara timur
E. Seni rupa timur

23. Seni Rupa barat berkembang pertama kali di …
A. Yunani
B. China
C. Tiongko     
D. Jepang
E. Indonesia

24. Seni Rupa timur banyak berkembang di Asia timur seperti …
A. Amerika dan Thailand
B. Vietnam dan Thailand
C. Thailand dan Indonesia
D. Indonesia dan Yunani
E. Tiongkok dan Jepang

25. Penyebab arus seni rupa barat dan timur berbeda dari segi keunikan dan ciri khas karyanya karena …
A. Filosofi dan pengalaman hidup kedua bangsa saling bertolak belakang
B. Filosofi dan pengalaman hidup kedua bangsa sama
C. Hasil karya yang dimiliki sama
D. Sejarah kedua bangsa sama
E. Estetis kedua bangsa sama

26. Konsep keindahan seni rupa timur, khususnya di wilayah Tiongkok, sangat menitik beratkan pada ajaran 
A. Struktural
B. Kungfu
C. Taoisme
D. Ahimsa
E. Animisma

27. Cirikhas lukisan masa Tiongkok kuno adalah …
A. Banyaknya ruang kosong dan kesan sunyi dari lukisan.
B. Penuh objek
C. Ruang tanpa bidang
D. Unsur- unsur yang memenuhi ruang
E. kosong tanpa objek

28. Karya seni rupa timur khususnya Mesir, sebagai bentuk pemujaan dan penghormatan leluhur adalah …
A. Arca
B. Artefak
C. piramida
D. Lukisan
E. relief

29 Patung dewa kematian masyarakat mesir kuno adalah patung dewa ….
A. Anubis
B. Sangut
C. Delem
D. Piramid
E. Brahma

30. salah satu contoh Karya seni rupa timur tengah adalah …
A. Kaligrafi
B. Patung berbentuk manusia
C. Lukisan wujud manusia
D. Relief wujud manusia
E. Lukisan potret wajah

31. Peninggalan karya seni di Indonesia yang berupa candi dan arca digunakan sebagai sarana …
A. keindahan
B. seni pakai
C. Sarana ibadah dan pemujaan leluhur
D. sarana pajangan
E. pembatas kekuasaan kerajaan

32. salah satu peninggalan karya seni rupa Indonesia yang masih dilestarikan sampai saat ini adalah …
A. Wayang kulit
B. Patung Anubis
C. Tari balet
D. Piramida
E. Lukisan Tao

33. Motif batik Megamendung merupakan karya seni batik yang identic dengan daerah …
A. Cirebon
B. bali
C. Jakarta
D. Papua
E. Lombok


34. Ornamen patra samblung merupakan ornament ciri khas daerah
A. Cirebon
B. bali
C. Jakarta
D. Papua
E. Lombok

35. Lukisan wayang kamasan berasal dari desa …
A. Gianyar
B. Kamasan
C. Jimbaran
D. Kuta
E. Sesetan

36. Ciri- ciri dari seni dekoratif adalah …
A. Subjek merupakan alam sekitar
B. tidak memiliki nuansa dan kesan gelap terang
C. tidak menghadirkan subjek yang sifatnya realistis
D. Banyak menampilkan motif- motif geometris
E. Memiliki persepektif tertentu

37. Dalam seni rupa timur, nilai keindahan yang paling utama adalah …
A. Kemanusiaan
B. Spiritual
C. Emosional
D. realistis
E. keindahan

38. Seni rupa yang tumbuh dari masa purbakala sampai sekarang dalam sejarah lahir dari lembah- lembah sungai adalah …
A. Seni rupa timur
B. seni rupa selatan
C. seni rupa modern
D. seni rupa kontemporer
E. Seni rupa penjajahan

39. Salah satu peninggalan karya seni dalam  bidang arsitektur adalah candi borobudur.  candi borobudur terletak di …
A. Jawa tengah
B. jawa timur
C. Jawa barat
D. Jawa Selatan
E. Bali

40. Candi prambanan terletak di …
A. Yogyakarta
B. jawa timur
C. Amerika
D. Jakarta
E. Bali



Tidak ada komentar:

Posting Komentar