Soal Seni Budaya
SMK
1. Kegiatan untuk mengerti, memahami, mengayati, menghargai, dan
mencintai karya seni dengan menganalisa dan memberikan tanggapan terhadap karya
seni disebut ….
a. konsultasi
b. apresiasi
c. komunikasi
d. eksplorasi
e. dramatisasi
a. konsultasi
b. apresiasi
c. komunikasi
d. eksplorasi
e. dramatisasi
2. Alasan nilai estetik menjadi nilai yang paling sering muncul
dalam apresiasi seni budaya adalah …
a.
Kepekaan seseorang
terhadap nilai- nilai estetik
b.
Masyarakat memiliki
norma estetik tersendiri
c.
Tanpa nilai estetik
seseorang sulit mengapresiasi seni budaya
d.
Estetik merupakan nilai
tertinggi yang ada dalam diri manusia
e.
Tngginya nilai estetik dalam berbagai
bentuk karya seni budaya
3. Karya seni rupa yang selain memiliki fungsi
estetik juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dIsebut karya seni
rupa ....
A. Murni
B. Terapan
C. Fine Art
D. Visual Art
E. Artificial
4. Berikut ini merupakan karya seni rupa murni
terapan, kecuali ....
A. Kursi ukir
B. Tikar anyaman
C. Kaca hias
D. Lukisan
E. Pot bunga dari gerabah
5. Berdasarkan pendekatannya apresiasi terbagi menjadi dua ,
yaitu …
A. pasif dan aktif
B. fleksibel dan pasif
C. Fleksibel dan kaku
D. Aktif dan fleksibel
E. Aktif dan kaku
6. orang yang turut serta aktif
dalam kegiatan seni, tetapi mereka tidak menciptakan karya seni
secara langsung disebut ...
A.
Apresiasi pasif
B.
Apresiasi aktif
C.
Apresiasi fleksibel
D.
Apresiasi kaku
E.
Apresiasi nomaden
7. Nilai estetik menjadi nilai yang paling sering muncul
dalam apresiasi seni budaya, karena …
A. sifat orang yang cenderung peka terhadap nilai estetik
B. tidak memiliki nilai estetis dalam diri
C. Acuh terhadap bentuk karya seni
D. Bentuk karya seni yang monoton
E. Tidak paham akan karya seni
8. Melalui apresiasi penikmat seni memperoleh pengalaman …
A. Keindahan
B. Keindahan dan dapat menilai karya seni
C. Ketenangan
D. Emosional yang menggebu
E. Belajar dari awal
9. Setelah seseorang mengapresiasi karya seni, setelahnya
langsung mencari informasi mendalam tentang proses pembuatan bahkan ikut terjun
langsung dalam membuat karya seni termasuk kedalam …
A. Apresiasi pasif
B.
Apresiasi aktif
C.
Apresiasi fleksibel
D.
Apresiasi kaku
E.
Apresiasi nomaden
10. Proses dalam Apresiasi aktif melahirkan dua pendekatan,
antara lain …
A. Pendekatan aplikatif dan kesejarahan
B. Pendekatan Aplikatif dan pasif
C. Pendekatan Kesejarahan
D. Pendekatan Aplikatif
E. Pendekatan Aktif dan Pasif
11. Pendekatan dengan cara menelusuri asal usul dan sisi
sejarah disebut pendekatan apresiasi …
A. Pasif
B. Fleksibel
C. Emosionalitas
D. Kesejarahan
E. Kesabaran
12. Jenis Apresiasi menurut tingkatannya terbagi menjadi
tiga, yaitu …
A. Apresiasi Empatik, Estetis dan Kritik
B. Apresiasi Pasif dan Aktif
C. Apresiasi Aplikatif dan kesejarahan
D. Apresiasi Empatik, Estetis dan Aktif
E. Apresiasi Empatik, Aplikatif dan Aktif
13. Upaya dalam penilaian terhadap suatu bentuk karya seni
melalui pengamatan dan penghayatan disebut …
A. Apresiasi Empatik
B. Apresiasi Estetis
C. Apresiasi Kritik
D. Apresiasi fleksibel
E. Apresiasi Emosional
14. Apresiasi yang tidak hanya terbatas atas bagus atau tidaknya
sebuah karya, namun memberi masukan, saran dan evaluasi terhadap suatu karya
yang biasanya dilakukan oleh kritikus seni termasuk kedalam …
A. Apresiasi Empatik
B. Apresiasi Estetis
C. Apresiasi Kritik
D. Apresiasi fleksibel
E. Apresiasi Emosional
15. Seseorang yang melakukan kritik terhadap karya seni
disebut …
A. Seniman
B. Kritikus
C. Pengamat
D. Pelukis
E. Pematung
16. Ada empat tahapan apresiasi seni budaya , yakni …
A. Deskripsi, Analisis, Interpretasi, Penilaian
B. Deskrpisi, Aktif, Pasif, Empatik, Penilaian
C. Aktif, Pasif
D. Penilaian, Interpretasi, pasif, aplikatif
E. Aplikatif, Aktif, Empatik
17. Tahapan paling akhir dalam apresiasi seni adalah …
A. Penilaian
B. kesimpulan
C. Evaluasi
D. Deskripsi
E. Analisis
18. Pelukis yang cenderung melukis potret wanita cantik dan
ditunjuk sebagai pelukis istana pada masa pemerintaha presiden soekarno dan
soeharto adalah …
A. Afandi
B. Basoeki Abdullah
C. Rembrandt
D. Rudolf Bonet
E. Picaso
19. Patung tertinggi yang ada di Bali dan digadang- gadang
melebihi tinggi patung liberty yang diarsiteki oleh seniman patung Nyoman
Nuarta adalah …
A. Patung krisna
B. Patung Dewi Saraswati
C. Patung Ganesha
D. Patung Garuda Wisnu Kencana
E. Patung Dewa Siwa
20. Tari Oleg Tamulilingan diciptakan oleh maestro I Ketut
Maria dari …
A. Gianyar
B. Negara
C. Jimabaran
D. Denpasar
E. Tabanan
21. Dalam sejarah peradaban manusia bentuk atau wujud seni
rupa awal yang paling sering muncul adalah …
A. Seni bangunan, patung dan lukisan
B. Seni teater
C. Seni Musik
D. Seni Suara, teater dan music
E. Seni tari dan suara
22. Berdasarkan pusat kelahiran seni rupa, dapat
dikelompokkan menjadi dua arus …
A. Seni rupa barat dan timur
B. Seni rupa selatan dan timur
C. Seni rupa timur dan tenggara
D. Seni Rupa Tenggara timur
E. Seni rupa timur
23. Seni Rupa barat berkembang pertama kali di …
A. Yunani
B. China
C. Tiongko
D. Jepang
E. Indonesia
24. Seni Rupa timur banyak berkembang di Asia timur seperti
…
A. Amerika dan Thailand
B. Vietnam dan Thailand
C. Thailand dan Indonesia
D. Indonesia dan Yunani
E. Tiongkok dan Jepang
25. Penyebab arus seni rupa barat dan timur berbeda dari
segi keunikan dan ciri khas karyanya karena …
A. Filosofi dan pengalaman hidup kedua bangsa saling
bertolak belakang
B. Filosofi dan pengalaman hidup kedua bangsa sama
C. Hasil karya yang dimiliki sama
D. Sejarah kedua bangsa sama
E. Estetis kedua bangsa sama
26. Konsep keindahan seni rupa timur, khususnya di wilayah
Tiongkok, sangat menitik beratkan pada ajaran
…
A. Struktural
B. Kungfu
C. Taoisme
D. Ahimsa
E. Animisma
27. Cirikhas lukisan masa Tiongkok kuno adalah …
A. Banyaknya ruang kosong dan kesan sunyi dari lukisan.
B. Penuh objek
C. Ruang tanpa bidang
D. Unsur- unsur yang memenuhi ruang
E. kosong tanpa objek
28. Karya seni rupa timur khususnya Mesir, sebagai bentuk
pemujaan dan penghormatan leluhur adalah …
A. Arca
B. Artefak
C. piramida
D. Lukisan
E. relief
29 Patung dewa kematian masyarakat mesir kuno adalah patung
dewa ….
A. Anubis
B. Sangut
C. Delem
D. Piramid
E. Brahma
30. salah satu contoh Karya seni rupa timur tengah adalah …
A. Kaligrafi
B. Patung berbentuk manusia
C. Lukisan wujud manusia
D. Relief wujud manusia
E. Lukisan potret wajah
31. Peninggalan karya seni di Indonesia yang berupa candi
dan arca digunakan sebagai sarana …
A. keindahan
B. seni pakai
C. Sarana ibadah dan pemujaan leluhur
D. sarana pajangan
E. pembatas kekuasaan kerajaan
32. salah satu peninggalan karya seni rupa Indonesia yang
masih dilestarikan sampai saat ini adalah …
A. Wayang kulit
B. Patung Anubis
C. Tari balet
D. Piramida
E. Lukisan Tao
33. Motif batik Megamendung merupakan
karya seni batik yang identic dengan daerah …
A.
Cirebon
B.
bali
C.
Jakarta
D.
Papua
E.
Lombok
34.
Ornamen patra samblung merupakan ornament ciri khas daerah
A.
Cirebon
B.
bali
C.
Jakarta
D.
Papua
E.
Lombok
35.
Lukisan wayang kamasan berasal dari desa …
A.
Gianyar
B.
Kamasan
C.
Jimbaran
D.
Kuta
E.
Sesetan
36.
Ciri- ciri dari seni dekoratif adalah …
A.
Subjek merupakan alam sekitar
B.
tidak memiliki nuansa dan kesan gelap terang
C.
tidak menghadirkan subjek yang sifatnya realistis
D.
Banyak menampilkan motif- motif geometris
E.
Memiliki persepektif tertentu
37.
Dalam seni rupa timur, nilai keindahan yang paling utama adalah …
A.
Kemanusiaan
B.
Spiritual
C.
Emosional
D.
realistis
E.
keindahan
38.
Seni rupa yang tumbuh dari masa purbakala sampai sekarang dalam sejarah lahir
dari lembah- lembah sungai adalah …
A.
Seni rupa timur
B.
seni rupa selatan
C.
seni rupa modern
D.
seni rupa kontemporer
E.
Seni rupa penjajahan
39.
Salah satu peninggalan karya seni dalam
bidang arsitektur adalah candi borobudur. candi borobudur terletak di …
A.
Jawa tengah
B.
jawa timur
C.
Jawa barat
D.
Jawa Selatan
E.
Bali
40.
Candi prambanan terletak di …
A.
Yogyakarta
B.
jawa timur
C.
Amerika
D.
Jakarta
E.
Bali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar